Belajar Menjadi Web Developer

Web merupakan hal yang sudah tidak asing lagi untuk di dengar , bahkan setiap hari kita membuka website , entah itu untuk browsing ex. google , update status ex. facebook , download atau mencari tutorial dan artikel ex. wakuadratn . Nah , yang kita buka tiap hari tersebut merupakan website dinamis yang populernya dikenal website php . Lalu Apa sih PHP itu ?

220px-PHP-logo.svg

PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tools”. Selanjutnya diganti menjadi FI (“Forms Interpreter”). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatannya “PHP”. PHP versi terbaru adalah versi ke-5. Berdasarkan survey Netcraft pada bulan Desember 1999, lebih dari sejuta site menggunakan PHP, di antaranya adalah NASA, Mitsubishi, dan RedHat.

Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:

1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Dalam proses belajar menjadi web developer kita perlu beberapa bahan dan alat pendukung , beberapa di antaranya yang wajib yaitu :

1. Apache / PHP Web Server

Untuk web server kita bisa menggunakan yang gratis atau yang berbayar , terserah pilihan anda . Untuk web server gratis kita bisa menggunakan XAMPP , EasyPHP , WAMPSERVER , GLOSSWORD WAMP dan untuk yang berbayar anda bisa menggunakan ZEND SERVER .

2. Text Editor

Karna kita web developer berjalan di atas kode – kode teks , jadi kita sangat membutuhkan text editor . Dalam memilih text editor kita juga harus mempertimbangkan pemilihannya , beberapa saran dari wakuadratn yang bisa anda baca di :

Tips Memilih Text Editor TerBaik

3. Web Browser

Karna menjadi web developer pastilah butuh web browser jadi web browser adalah WAJIB . Contoh Web browser yang bisa digunakan yaitu : Mozilla Firefox , Google Chrome , Internet Explorer , Safari , dll.

Bahan dan alat pendukung lainnya :

a. Program pengolah gambar , contoh Paint , Gimp , Adobe Photoshop
b. Ebook / Tutorial . Disediakan di blog Wakuadratn .
C. Firebug , debug extensi untuk firefox .

Setelah semuanya lengkap . kita siap untuk melangkah ketahap berikutnya yaitu menjadi WEB DEVELOPER .

” JANGAN MENGATAKAN PHP ITU MUDAH , KARNA PHP ITU KOMPLEKS . TAPI, JAGAN PERNAH MENGATKAN PHP ITU SULIT , KARNA PHP ITU BISA DIPELAJARI .” – (Wawan Setyawan – May 08, 2013)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s