Makalah : Hubungan Sekolah dan Masyrakat

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar belakang

Telah menjadi pendapat umum bahwa pendidikan adakah proses yang berlangsung seumur hidup dan dilaksankan di dalam lingkungan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. karena itu pendidikan adlah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakt dan pemerintah .

Hubungan sekolah dan masyarakat merupaan salah satu bidang garapan administrasi pendidikan .

Istilah “sekolah” sebagai suatu institusi atau lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan formal, informal, maupaun lembaga pendidikan nonformal yang merupakan sarana melaksanakan pelayanan belajar dan proses pendidikan. Sedangkan “Masyarakat” dalam konteks sekolah adalah warga atau individu yang berada di sekolah atau sekitar sekolah yang berhubungna secara langsung atau tak langsdung terhadap manajemen sekolah, memiliki kesadran sosial dan mempunyai pengaruh terhadap sekolah.

Adapaun dalam makalah ini, penulis berusaha memapaparkan tentang pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat, tujuan hubungan sekolah ddan masyarakat, dan jenis – jenis hubungna sekolah dan masyarakat.

B.       Rumusan masalah

  1. Bagaimana pentingya hubungan sekolah dan mayarakt
  2. Apa tujuan hubungan sekolah dan masyarakat
  3. Apa saja jenis – jenis hubungan sekolah dan masyarakat

C.      Tujuan penilius

  1. Unutk mengetahui pentingya hubungna sekolah dan masyrakat
  2. Untuk mengtahui tujuan hubungan sekolah dan masyrakat
  3. Unutk mengetahui jenis 0 jenis hubungna sekolah dan masyrakat

 

BAB II

PEMBAHASAN

HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT

 

A.      Pentingya Hubungan Sekolah dan Masyrakat

Hubungan antara sekolah dan masyrakat meliputi :

–            Sekolah adalah bagian yang integral dari masyrakat, ia bukan merupakan lembaga yang terpisah dari masyarakat

–            Hak hidup dan kelangsungan hidup bergantung pada masyarakat

–            Sekolah adalah lembaga sosial yang berfingsi untuk melayani anggota-anggota masayarakat dalam bidang pendidikan .

–            Kemajuan sekolah dan kemajuan masyarakjat saling berkorelasi, keduanya saling membutuhkan.

–            Masyarakart adalah pemilik sekolah, sekolah dan karana masyarakat membutuhkannya.[1]

Pentingnya hubungan sekolah dengan masyarakat :

–            Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang harusanya mendididk generaasi muda untuk hidup di masyarakat

–            Sekolah haruslah merupakan tempat pembinaan dan pengembangan pengetahuan dan kebudayaan yang sesuai dan dihendaki oleh masyarakat tempat sekolah itu didirikan.

–            Sebaliknya, masyarakat harus membantu dan bekerja sama dengan sekolah agar apa yang diperoleh dan dihasilkan sesuai kehendak dan kebutuhan masyrakat.

–            Mengikutsertakan masyarakat secara aktif dalam usaha memecahkan permasalahan pendidikan

–            Partisipasi, dukungan dan batuan secara konkrit dari masyarakat baik berupa finansial, material untuk kelancaran saekolah.[2]

 

A.      Tujuan Hubungan Sekolah dan Masyrakat

Tujuan hubungan sekolah dan masyarakat dapat dikelompokkan menjadi tiga tujuan pokok, yaitu :

a.    Mengambangkan Mutu Belajar dan Petumbuhan Anak – Anak

Untuk mengembakangkan mutu belajar dan pertumbuhan anak-anak hendaknya personil sekolah mengetahui benar-benar kondisi masyarkat lingkungan hidup anak-anak yang sangat penting bagi program pendidikan. Kepala Sekolah dan guru-guru hendaknaya mengikutsertakan masyarakat untuk dapat bekerja sama dan memanfaatkan sumber-sumber di dalam masyarakat yang diperlukan untuk memperkaya program sekolah. Selain itu mengembangkan mutu belajar sekolah hendaknya dapat bekerja sama dengan organisasi-organisasi atau instansi-instansi lain di dalam masyarakat, yang mempunyai tugas dan kepentingan yang sama terhadap pendidikan anak-anak. Dan bahan pengajaran yang diberikan kepada peserta didik bukanlah bahan yang statis dan usang, melainkan merupakan bahan yang fungsional dan akurat bagi kebutuhan murid itu sekarang dan kehidupan akan datang.

b.   Meningkatkan Tujuan dan Mutu Kehidupan Masyarakat

Di dalam masyarakat yang demokratis, sekolah seyogayanya dapat menjadikan dirinya sebagai pelopor dan pusat perkembangan bagi perubahan-perubahan masyarakat dalam bidang ekonomi, kebudayaan, teknologi dan sebagai ke tingkat yang tinggi. Bukan sekolah yang harus mengekor secara pasif kepada perkembangan masyarakat, tetapi sebaliknya sekolahlah justru yang harus memelopori bagaimana dan kemana masyarakat itu harus dikembangkan.

c.    Mengembangkan Pengertian, Antusiasme dan Partisipasi Masyarakat

Pengertian, antusiasme dan partisipasi masyarakat tersebut sangat penting, apalagi bagi masyarakat kita yang pada umumnya masih belum

menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab pendidikan anak-anak adalah juga tugas dan tanggung jawab masyarakat di samping sekolah dan pemerintah.

A.      Jenis-jenis Hubungan Sekolah dan Maysarakat

Banyak orang berpendapat bahwa hubungan kerja sama antara sekolah dan masyarakat hanyalah dalam hal mendidik anak belaka.

Padahal hubungan antara sekolah dan masyarakat itu mengandung arti yang lebih luas dan mencakup beberapa bidang. Hubungan kerja sama antara sekolah dan masyarakat itu dapat digolongkan menjadi 3 hubungan, yaitu :

  1. Hubungan edukatif, ialah hubungan kerja sama dalam hal mendidik murid antara guru di sekolah dan orang tua di dalam keluarga. Adanya hubungan ini dimaksudkan agar tidak terjadi perbedaan prinsip atau bahkan pertentangan yang dapat mengakibatkan keraguan-keraguan pendirian dan sikap pada diri anak atau murid.
  2. Hubungan kultural, ialah usaha kerja sama antara sekolah dan masyarakat yang memungkinkan adanya saling membina dan mengembangkan kebudayaan masyarakat tempat sekolah itu berada. Sekolah merupakan suatu lembaga yang seharusnya dapat dijadikan alat ukur bagi maju-mundurnya kehidupan, cara berpikir, kepercayaan, kesenian, adat istiadat dan sebagainya. Kegiatan- kegiatan kurikulum sekolah disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan masyarakat.
  3. Hubungan institusional, yakni hubungan kerja sama antara sekolah dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi resmi lain baik swasta maupun pemerintah. Dengan adanya hubungan ini, sekolah dapat meminta bantuan dari lembaga-lembaga lain yang berkaitan dengan pengadaan dan pengembangan materi kurikulum maupun bantuan yang berupa fasilitas serta alat-alat yang diperlukan bagi kelancaran pelaksanaan program sekolah.
Catatan :
Post Ini hanya preview dari  makalah . Untuk tulisan lengkapnya silahkan download di link di bawah .


[1] Purwanto , M . Ngaim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. 2010. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya. Hal 189

[2] Tim Pengadaan Buku Pelajaran. Administrasi Sekolah. 1991. Semarang : Ikip Semarang Press.

 

Download Makalah Ini Lengkap :

- Hubungan sekolah dan masyarakat.doc
http://adf.ly/QSUwn
mirror :
http://adf.ly/QSVm4

One thought on “Makalah : Hubungan Sekolah dan Masyrakat

  1. Timmy D. Welch

    Untuk membentuk kepribadian seorang anak hingga menjadi pribadi yang shaleh, cerdas, trampil dan mandiri maka diperlukan suatu pola kerjasama yang intensif antara Keluarga, Sekolah/Madrasah dan Masyarakat. Pola kerjasama awal ditentukan oleh keluarganya dalam hal ini orang tua anak tersebut, orang tua sebagai pemicu, pembimbing dan pemerhati utama bagaimana pendidikan anak selanjutnya disekolahnya ataupun di masyarakatnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s