Cara – cara belajar

Manusia itu di ciptakan berbeda-beda , dari watak , sifat ,dan fisiknya pun setiap manusia berbeda-beda , hal tersebut juga mempengaruhi cara belajar manusia . Bagi pelajar , belajar merupakan hal wajib dan rutin ,kita sebagai pelajar mungkin mempunyai kendala dalam belajar , lalu bagaimana cara belajar agar kita bisa memahami dan mengerti apa yang kita pelajari ?
sebenarnya cara belajar itu beragam , namun secara garis besar semua itu digolongkan dalam 3 cara , yaitu :
1. Cara belajar visual
2. Cara belajar auditori
3. Cara belajar kinestetik

1. Cara belajar visual

Cara belajar ini banyak di lakukan bagi anak yang mempunyai kecakapan penglihatan , karna cara yang ini sangat mengandalkan indra penglihatan (mata) . Cara belajar visual biasanya lebih mudah dan cepat memahami dangan melihat atau membaca sendiri . Terkadang kita susah dalam menangkap saat di jelaskan sesuatu , tetapi kita akan paham setelah membaca atau melihat sendiri . Sebagai pelajar , cara belajar ini membutuhkan ketenagan agar mudah berkonsentrasi .

2. Cara belajar auditori
Cara belajar yang kedua yaitu Cara belajar auditori atau cara belajar yang mengutamakan indra pendengaran . jika kita belajar lebih suka dengan mendengarkan musik dan dengan cara inilah kita bisa memahami apa yang kita pelajari maka kita termasuk anak dengan cara belajar auditori . Biasanya dengan mendengarkan sesuatu langsung bisa memahami isi dari apa yang di dengar . Kita yang mempunyai kecakapan ini pasti akan senang dengan musik bahkan bisa menghafal apa saja sesuatu yang dindengarnya . Bila mempunyai kecakapan ini akan menyenangi diskusi ataupun mendengarkan cerita .

3. Cara belajar kinestetik
Cara belajar yang ketiga yaitu cara belajar kinestetik , Cara belajar ini banyak di lakukan bagi anak yang tidak bisa belajar dengan tenang atau diam . Cara belajar kinestetik membutuhkan alat peraga dalam memahami sesuatu . Biasanya anak yang suka cara belajar kinestetik akan cenderung lebih menyukai eksperimen dibandingkan hanya dengan membaca atau mengetahuinya saja.

Bagaimana menurut anda ? Cara manakah yang sesuai dengan cara anda ? jika anda belum mempunyai Cara belajar yang tepat , mungkin Cara belajar di atas bisa anda coba .
Selamat mencoba … dan semoga bermanfaat..

Tinggalkan komentar